Samsul bukan Sirop

Assalamu’alaikuuuuum (versi saman SMAKBo)
Akhirnya saya kembali lagi dengan sejuta cerita yang sangat ingin dituangkan tapi yah barusan dapet “sesuatu” yang haha pengen banget diceritain. Apa coba? Haha ini nih nyeleneh banget. Lagi ngerjain pr PB (bukan Point Blank ya tapi Pengenalan Bahan) dan nemu ini haha ckck

“H2SO4 pekat merupakan cairan kental seperti sirop (viscous), …”
masih ada lanjutan kalimatnya sih tapi lanjutannya bahasanya udah kimia jadi ga usah dah (apa ada yang mau tau lanjutannya? hehe)

Noh liat, seperti sirop. Dimiringin yah, seperti sirop. Saat disuguhin kata sirop apa coba yang pertama kali melintas di kepala anda? Kayaknya ga jauh dari minuman, berwarna, manis, kental, pake es batu wkwkwkwk
Sayangnya apa yang anda bayangin itu 80% salah kalau menilik dari kalimat diatas. Kalau dari kalimat diatas yang bener ya cuma kentalnya doang. Dan sampai kapanpun asam sulfat pekat ga akan bisa jadi sirop yang sesungguhnya hahaha

Meskipun ngerti kalo maksud kata itu bukan gimana gimana tapi cuma nunjukin kentalnya itu sama kyk sirop tapi ya hehe pengen cerita aja. Miris sih, saat membahas asam sulfat eh sirop ikut-ikutan.

Sekali lagi, asam sulfat pekat ga akan pernah bisa jadi sirop hehehe. Pandangan saya sih begitu <– wakakak sok banget nih, gebukin! Ya habis mau gimana emang beda. Mau cerita nih, melenceng dikit gapapa ya. Selama bersekolah di ehm SMAKBo, selalu diajarkan buat hati-hati. Bahan kimia itu bukan mainan yang bisa dengan gampang kita mainkan. Ada penanganannya, ada cara tersendiri kalo mau menggunakannya, ada pantangannya, ada cara memperlakukannya, ada teknik membuangnya (noh kan, ngebuang aja pake teknik). Semuanya ga sembarangan. Terlebih di lab AKT (Analisis Kimia Terpadu). Kalo buang pereaksi alias bahan kimia sembarangan bisa langsung di*sensor* wakakak disensor loh ya, bukan diapa-apain :p
Dan selama bekerja di lab (Gravimetri, Volumetri) pas pake asam sulfat pekat bener-bener dicerewetin banget. Kalau mau pake asam sulfat pekat harus di ruang asam, blower harus nyala, pintunya ga boleh dibuka lebar (bukaannya cuma muat buat tangan), ga boleh jorok pas make asam sulfatnya dan lain-lain. Coba sendiri dah

Hahaha melencengnya banyak ya. Satu perbedaan yang sangat besar adalah
Meminum sirop *sensor* dapat memberikan kesegaran bagi tubuh anda karena dibuat dari bahan alami <– ceritanya lagi promosiin sirop
Meminum asam sulfat pekat dapat membawa anda pada kematian. Trust me, it works <– serius ga pake boong. Asam sulfat kena kulit (misal: jari jempol), nah jempolnya bisa bolong. Serem kan, nauzdubillahimindzalik

Haha udah lupain ya, jangan dimasukin ke hati.
Tapi berbicara tentang kimia seperti barusan ada kebahagiaan tersendiri+rasa bangga. Pilihan saya masuk SMAKBo insyaAllah akan meluluskan saya sebagai Analis Kimia. Jadi sekarang saya sedang berjalan untuk lulus sebagai Analis Kimia. Seperti yang tadi dikatakan, ada rasa bangga. Ya, I proud to be an Analyst 🙂

Asam Sulfat

Itu isinya 4 N, bukan pekat. Masih em cukup aman hehe. Abaikan muka jelek saya

Thankyou for today, I think it’s enough
Wassalamua’alaikum wr. wb.

NB : Samsul=Asam sulfat

Advertisements

3 thoughts on “Samsul bukan Sirop

  1. Terakhir kali berurusan langsung dengan lab kimia pas saya masih SMA. 😆

    Like

  2. Pas SMA anak-anak sering mencoba eksperimen dengan bahan-bahan kimia yang ada di lab pas gurunya gak ada.Segala macam bahan di campurin dari tempat penyimpanan bahan-bahan kimia,tapi gak ada reaksi yang menakutkan juga,kemana ya bahan-bahan itu di simpannya,pasti disembunyiin kayaknya

    Like

  3. lw ad lab, paling malas klo asisten lab na sok kuasa & ngatur.
    ” Abaikan muka jelek saya ” okehh.. 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s